Perbandingan Tarif Per Detik Simpati Pe-De vs XL Bebas

Rupanya, perang antar operator telekomunikasi selular di negeri ini masih terus berlanjut. Setelah XL yang meluncurkan tarif super murah Rp 1/detik melalui XL Bebas-nya, kini Telkomsel ikut terjun ke arena perang tarif itu dengan memperkenalkan tarif Simpati Rp 0.5/detik.

Jelas sekali, apa yang diperbuat oleh Telkomsel itu adalah upaya untuk menjawab tarif yang dimiliki XL. Meski begitu, operator terbesar di Indonesia itu membantah bahwa tarif Rp 0,5/detik ini adalah jawaban atas vonis KPPU yang mengharuskannya menurunkan tarif 15% menyusul terbuktinya kasus monopoli yang dilakukan Temasek (perusahaan BUMN Singapura yang ikut memiliki Telkomsel –dan juga Indosat).

Tidak semua pelanggan Simpati bisa menikmati fitur itu. Hanya mereka yang memakai Simpati Pe-De lah yang bisa. Pemakai Simpati reguler harus mengubah sistem penarifannya menjadi per detik dengan mengakses *880#.

Saya sendiri belum mencoba berpindah ke sistem tarif per detik. Soalnya, dengan memakai tarif per detik, maka kita tidak bisa lagi menikmati bonus bicara dan bonus SMS. Bonus bicara+SMS yang ada pun jadi tidak bisa dipakai (kecuali kita berpindah lagi ke sistem tarif per menit). Selain itu, setiap kita pindah sistem tarif, maka pulsa kita akan dipotong Rp 3.000.

Sebelumnya, saya sudah memakai XL bebas. Saya pun kemudian mencoba menghitung-hitung tarif kedua operator ini. Oya, sebagai informasi, untuk XL Bebas, tarif Rp 1/detik ke sesama XL berlaku setelah detik ke-121 dan seterusnya. Untuk detik ke 1-120, dikenai tarif Rp 10/detik. Sedangkan untuk Simpati Pe-De, tarif Rp 0,5/detik ke sesama Telkomsel berlaku setelah detik ke-61. Di detik pertama hingga 60, pelanggan harus membayar Rp 25/detik.

Oke, mari berhitung. Siapa yang lebih murah dari siapa. Tapi untuk diketahui, khusus untuk tarif XL Bebas, saya memakai tarif yang diterapkan di region Jawa Tengah-DIY. Setahu saya, sistem perhitungan di region DKI Jakarta sedikit berbeda.

Menit ke

Tarif Telkomsel

Tarif XL

0-1

1500

600

2

1530

1200

3

1560

1260

4

1590

1320

5

1620

1380

6

1650

1440

7

1680

1500

8

1710

1560

9

1740

1620

10

1770

1680

11

1800

1740

12

1830

1800

13

1860

1860

14

1890

1920

Nah, dari tabel di atas, terlihat bahwa tarif Simpati akan terasa lebih murah jika Anda melakukan pembicaraan telepon dengan durasi 14 menit atau lebih. Sementara, Anda yang banyak melakukan pembicaraan dengan lama kurang dari 14 menit, maka tarif XL Bebas akan terasa lebih murah.

Apakah Anda akan memilih memakai Simpati atau memakai XL, semuanya terserah kepada Anda. Silakan memilih tarif mana yang menurut Anda paling murah. Perang antar operator telekomunikasi sudah seharusnya membuat konsumen diuntungkan.

Disclaimer: Saya tidak bekerja untuk salah satu operator ataupun operator seluler lainnya dan juga afiliasinya. Posting ini murni pendapat pribadi dan tidak ditujukan untuk mempromosikan operator mana pun. Semua pemakaian jasa operator seluler adalah sepenuhnya tanggungjawab pembaca.

About these ads

Tag: , , ,

104 Tanggapan to “Perbandingan Tarif Per Detik Simpati Pe-De vs XL Bebas”

  1. arya Says:

    tes komen

  2. cK Says:

    berarti intinya berbicaralah tidak lebih dari 13 menit.. :mrgreen:

  3. Hatta Says:

    Waspadai Jebakan Betmen :D

  4. agung Says:

    yukksss…..aq durung ngitung2 c.
    aq jg nganggo xl bebas nggo alternatif , tapi berhubung kanca2 akeh sing pake telkomsel, promo simpati pede lumayan jg dadi rujukan….

    perang tarif yo perang tarif yo

  5. tikabanget™ Says:

    wuaaaaa.. XL Xtra kuuuu… hiks..

  6. ekowanz Says:

    loh kamu pindah ke detikinet yah?

  7. Hoek Soegirang Says:

    itu waktunya kafan ya???
    *binun mo make nomer afa*

  8. Administrator Says:

    Mas momod.. tolong eto postingan di posting juga di milis [tiiiiiiiiiiiiiiittt] *censored* yah yah… biar untuk tambah elmu bagi penghuni milis…

    Regards

  9. nieznaniez minggu tenang Says:

    IM3 sms bangeeeeeeeeeeeeettts…

  10. Fa Says:

    yg nyebelin tuh klo nelpon belom 120 detik eh putus, jd mesti ngulang dr awal dan dg tarif dr awal pula *klo udha gitu saya suka nuduh operatornya curang, hehe*

    eniwei, smoga deh perang tarif terus berlanjut, kan pasti tarif semua operator bakal jd lebih murah, hehe…

  11. ipungmbuh Says:

    yahh…
    merujuk “fenomena Kacang goreng”
    pake yang menguntungkan, begitu ngga menguntungkan, tinggalkan kartu anda, beli perdana baru yg lebih menguntungkan…gitu aja kok repot….hue..he..he..

  12. Nanang Suryana Says:

    lho kok bisa gitu ya… :D

  13. rozenesia Says:

    Eks-el sinyalnya itu lho ndak banget… :evil:

  14. aRuL Says:

    yang penting setia pada pasangan no hp.
    itu juga operator 3 juga saingan, 1 Rupiah/menit… terang2an banget..

  15. arya Says:

    #cK
    tumben cerdas? hihihi

    # Hatta
    apalagi kalo ditulis kecil2 sampe ga kebaca

    # agung
    ini dia contoh konsumen yg merasa senang krn banyak pilihan :D

    # tikabanget™
    XL extra mau diapus ya?

    # ekowanz
    iya donks, bayarannya dobel gitu loh. hahahaha

    # Hoek Soegirang
    udah kamu pake telpon kaleng aja…

    # Administrator
    siyap juragan. ur wish is my command

    # nieznaniez minggu tenang
    kapan2 kita itung yuk tarif SMS

    # Fa
    lebih murah, konsumen diuntungkan

    # ipungmbuh
    *menjura kepada juragan seluler

    # Nanang Suryana
    otentu bisa mas…kan pake S :p

    # rozenesia
    soalnya kamu ndeso kali? kekekeke

    # aRuL
    tp Rp 1/menit itu restriksinya banyak, Rul. max 60 menit/hari, cuman lokal pulak. banyak jebakan betmennya

  16. macanang Says:

    makin banyak pilihan..
    semoga gak mati2 sebelum 14 detik..hick..

  17. dobelden Says:

    Saya dah terlanjur pake mentari :(

    mentari ternyata tetep paling mahal

    SMS masih 350 perak, Telp antar indosat (mentari ke im3) permenit : 2500 (buset dah), bisa murah klo daftarin jd mentari hebat..

    Free talk jika pemakaian 5000 pun cm maksimal sampe jam 24.00 hari itu, jd klo dapat Freetalk 5000 jam 23.59 maka bonusnya akan langsung angus 1 menit berikutnya :o

    ganti telp portable aja ahh

  18. htmc Says:

    Apakah tarif gprs nya juga murah saya rasa ke 2 operator itu mengenakan tarif gprs paling mahal jika di bandingkan indosat… Betul tidaak

  19. venus Says:

    dooooohhhh….sempet2nya ngitung….:p

  20. kenz Says:

    hidup bebas.. hehehe… saya masih senang pake bebas, meskipun punya simpati… tapi dengan xl bebas.. biaya komunikasi saya hemat 68% daripada menggunakan simpati, apalagi ketika temen-temen pada pindah pake xl bebas.. cuma sayangnya sms XL bebas extra tidak lagi gratis setelah 15 Januari 2008.

  21. kakanda Says:

    Dilema nih,
    sudah punya no simpati,
    tapi tarifnya rasanya mahal…
    mau ganti apa ya…, baiknya cuma buat telp saja

  22. endemion Says:

    sudah, mending pake telepon kantor aja, gratis……tis….
    ………………. *kabur*

    PS: maaf nyampah dikid :D *Peace* Salam kenal Om…

  23. anas fauzi rakhman Says:

    Mas klo bisa bikin perbandingan tarif proporsional dung. Berdasarkan persentase perbandingan jumlah pelanggan.

  24. Funkshit Says:

    @kenz
    yang diilangin tuh yang pake xtra ato yang tarif 1rp per detik seh
    duh informasi saya kacau :D:D
    *masih teringat ratusan paket sms yang ilang

  25. annots Says:

    Maaf saya bukan pengguna keduanya *pulang dengan langkah gontai*

  26. mymine Says:

    wah, perbandingan tuk yang permenit (bonus sms & bicara) ditunggu pak.

  27. Harry Andrian Simbolon Says:

    Murah tidak sama dengan kualitas

    Pilih murahnya atau kualitasnya (pelayanan, jaringan, dll)??

  28. uangmudah Says:

    kalo duit melimpah,
    pake kartu apa aja enak…
    gak takut pulsa sekarat

  29. ariemazer Says:

    tapi bagaimana dengan seluler 3 yang tarifnya 1 rupiah/menit….

  30. Handy Says:

    untuk diingat bahwa Tarif XL Rp.1/detik berlaku mulai menit ke 3 s/d 10, dan berulang. jadi pada menit ke 11 dan 12 tarif kembali ke Rp.10/detik.
    aku sendiri pakai XL Xtra hanya utk SMS trx ke Server Pulsa GRATIS SMS 100/hari tapi sayangnya akan berakhir 15 Jan 2008 ini :-(
    kalo untuk telpon GRATIS Manfaat kan SMART s/d 31 Maret 2008.
    Dan gunakan 3 untuk telpon lintas operator dengan tarif 1/2.

  31. daeng limpo Says:

    waduh guwe bayar tagihan hape setiap bulannya lebih besar dari duit makan guwe tiga kali sehari. Makan tuh ngomong…..he…he…he

  32. diditjogja Says:

    sembari terpingkal-pingkal melihat komennya annots, daku nyusul dia sajalah..meski pake XL bebas…saya ndak punya duit buat isi pulsa berapapun :(
    hiks…..

  33. iYAN Says:

    Umumnya makluk yang namanya manusia (termasuk ai) berkomunikasi tidak lebih dari 3 menit. Katanya sih menurut survey. Lebih dari itu namanya ngobrol ngalor ngidul :)

  34. julfan Says:

    hati2 jebaran operator. Saya sulit percaya kepada Telkomsel.

  35. julfan Says:

    hati2 jebakan operator. Saya sulit percaya kepada Telkomsel.

  36. caplang™ Says:

    itu ngitung tarifnya sambil telponan?

  37. cooldesak Says:

    kalo murah terus, nanti pegawainya bisa enggak gajian :)

  38. zam Says:

    hayah..

    yang lain sibuk perang tarif..

    cuma bapakku yang ngasih duit..

  39. manusiasuper Says:

    Bukan telpon biasa sajah… Tiap 5 menit bisa putus sendiri, hemat! :mrgreen:

  40. aRuL Says:

    setia aja pada no masing2… tunggu aja, ntar pasti ada bonusnya koq datang..

  41. pr4s Says:

    XL Bagus, SImpati juga bagus. Lebihnya cuma simpati lebih luas jangkauannya sampai ke pelosok negeri.

  42. lovymovie Says:

    ih sama aja tu, jatohnya juga sama2 aja harganya segitu. intinya bicaralah seperlunya! ya ga? ya ga?

  43. vend Says:

    kalo buat berlama2, aku pake setarwan,,
    sesamanya cuma Rp.25 / menit, jadi sejam brapa ya itung sendiri :mrgreen:

  44. Dekisugi Says:

    tetap xl!
    gadis2ku pada di situ.
    tapi mereka yang menolak cintaku pada pake simpati :(

  45. arya Says:

    #macanang
    14 menit maksutnyah mas?

    # dobelden
    selamattt..hihihi. loh?

    # htmc
    kalo GPRS mungkin paling murah mentari ya?

    # venus
    sempet…karo ndodok, trus ngudud, trus kepikiran ngitung. hahaha

    # kenz
    yoi, terutama buat yg keluarga/pacar/istrinya jauh.. :mrgreen:

    # kakanda
    pilihan banyak, tinggal kita sbg konsumen pinter aja milih

    # endemion
    wah enaknya *ekot minjem telp kantor endemion

    # anas fauzi rakhman
    hummm :-?

    # Funkshit
    kalo ga salah sih, pulsa bebas Xtra bakal dihapus

    # annots
    pake xplor kah? oh salah, itu kusir satunya lagi :p

    # mymine
    eh, berasa saya ini tester kartu seluler aja..hihihi

    # Harry Andrian Simbolon
    gmn kalo murah dan jaringan bagus? :D

    # uangmudah
    betooolllll..setuju saya mah

    # ariemazer
    banyak restriksinya, mas. coba baca disclaimer iklannya. tapi lumayan jg sih…daripada ga ada. ya kan?

    # Handy
    itu dia, mas. itu adlh itung2an tarif XL region jakarta. sedikit beda sama tarif di region laen (jateng-jogja misalnya). soalnya saya pake itungan tarif di jogja

    # daeng limpo
    berarti, biar gak bisa makan, yg penting telpon. gitu? hehehehe

    # iYAN
    ini iklan? :D

    # julfan
    jebakan betmen? hihihi

    # caplang™
    ngitungnya sambil nongkrong ples ngudud…

    # cooldesak
    tapi kalo mahal terus, kita2 ntar gajinya abis buat pulsa doank

    # zam
    halah…juragan kok masih dikasih duit sama ebes…hahahaha

    # manusiasuper
    keluhan ke sekian dari pemakai bukan telepon biasa… :D

    # aRuL
    seperti arul setia pada pendy? hahaha *ngaciiir*

    # pr4s
    mungkin…

    # lovymovie
    betul, betulll

    # vend
    apa ga panas tuh kuping, de’ Pendy?

  46. celo malay blogging Says:

    pake aja as…!!! sms homok cuman 99… sms aja suruh pihak sono yang nelpon… murah kan…??? lebih murah lagi sms flexy homok cuman 49 rupiah…. lha kok saiyah malah bahas sms yak…???

    kapan mau ngitung tarif sms…???

    betewe, lha teri yang semenit cuman satu rupiah itu gimana mas…??? :roll:

  47. caffeins Says:

    kalo xl dengan tarif sms extranya bisa dengan 100rb bisa gratis sms 100 kali perhari dengan masa aktif 1 bulan 50rb, 50 sms perhari dengan masa aktif 15 hari ditambah telp rp1/dtk dimenit kedua.

    kalo simpati pede.. sms nya masih 299 itu pun sesama jenis.

    kalo mengisi bulanan seperti aku yah terus terang aja aku pilih xl

    btw thanks udah menghitung yah..

  48. timurizer Says:

    Pake ngebreak aja… Jadul banget tapi pasti lebih asik

  49. benbego Says:

    aku pake keduanya aja. biar bebas sebebas xl bebas. :D

  50. pentos Says:

    Iya Pake kontek ssb lebih asik, bisa sampe ke cina gratissssss…………..

  51. Mrs.Neo Fortynine Says:

    kalo anda biasa menelpon dengan durasi rata rata 5 jam per hari, sepertinya mentari perlu dicoba…
    :cool:

  52. deKing yang biasa2 saja Says:

    Mentang2 namanya Perdhana …
    Bagaimana kalau namamu ditambah saja Ar?
    Kayaknya Arya Voucher Perdhana tidak jelek tuch

    BTW saya tetap pilih Mentari .

  53. costfix Says:

    Mau Nyoba SMS-an murah, gak peduli merk HP and operator download aja aplikasinya di http://www.costfix.net :-)

  54. erander Says:

    Kalo tarif SIMPATI dengan kartuHALO sama ga ya Ar?? .. soalnya, saya kalo buat telephone jarak jauh dan lama .. pake XL Bebas .. sejam cuma sekitar Rp.5 ribu .. tepatnya belum pernah dikalkulasikan. Dan kalo pake kartuHALO .. bisa sekitar Rp.90 ribu.

  55. tukangkoding Says:

    kyknya di XL ada pengulangan tiap menit ke 10 deh …

  56. kw Says:

    xplor ternyata tetap lebih mahallllll dapat diskon setelah 3 menit bicara.. bentar lagi mau pindah aja kali

  57. augy Says:

    OPERATOR SELULER INDONESIA = SUCKS

  58. leksa Says:

    wuihh
    itung2an lagi ,…

    itung terus Gan… :D .. masuk kaskus postingan ente .. hahaha

  59. Irna Says:

    dii balikpapan …. Rp 1,- mulai detik pertama lho :)

  60. vend Says:

    eh, simpati PeDe itu per detiknya Rp. 0,5 mulai menit ke-2, sebelum itu (0-2) Rp. 25 per detik :|

  61. antobilang Says:

    lengooob ada pakde mbilung ki di jogja!

  62. Matt Muse Says:

    Tarif termurah dengan kualitas yang biasa, untuk apa???
    kalo XL Bebas itu emang bagus, kenapa cuma 8 jutaan orang yang milih???berarti ada yang salah kan…..mereka tuh bikin iklannya norak bangettttsss, anak SD juga bisa bikin iklan kayak begituan..tapi maklum sih, namanya juga lagi panik ama kompetitornya..makanya ati2 ama promo-promo nya XL, tiap daerah mekanisme pentarifan nya beda2, setelah menit ke 12 selalu call drop, pelanggan harus jeli jangan mudah ketipu….coba bandingin deh dengan simpati dan indosat…

  63. aris Says:

    hati-hati juga dengan telkomsel sering 1 menit pertama langsung mati br di ulang terus bs lancar ga tahu sebabnya. coba hitung kl pelanggannya 20 jt telpon tiap hari menit pertamanya mati dah berapa merugikan konsumen. yang ptg carefull with telkomsel

  64. pangi sudjatmiko Says:

    wah… aku masih setia dg telkomsel soale…… nomer cantik je!!!! eman-eman!!! huahahahahaha… didol jih payu!!!

    ya, cek blog-ku!

  65. bagus Says:

    Tarif sesama XL bebas yang rp 10/detik itu berlaku pada menit ke 1,2 kemudian berlaku lagi pada menit ke 11, 12, 21, 22…dst, …… dan kualitas suara XL ternyata jelek banget, gak sejernih iklannya… jangan mau dibohongi ma iklan XL

  66. i2b Says:

    oloh-oloh…
    kpn yah negeri ini bisa di bebaskan ngomong.
    klo kang ja ngomong maseh bayar,… kpan ngomong bisa di kaseh adiah… wekekekke
    i lop geratisan….
    ^_^

  67. Andre Says:

    Mending pakai XL donk tarif menit pertamanya RP 10/dtk=Rp 600/Menit. Trus klo pakai Bebas bisa isi ulang bebas Extra dan Grartis 100 SMS/Hari ke sesama XL. XL skrg juga ada POINT Hadiah lho…
    Simpati paling bentar lagi jaringannya juga gak kuat, telp pasti tulalit. Promonya 4 bln doan klagi…

    Bete dari dulu pake simpati mahal…
    Curang tuh simpati, harus bayar 3000 dulu baru bisa murah (katanya), coba aja kaliin 3000 X 50 Jt pelanggan
    nah lho, klo sampai maret doank udah untung tuh ….
    Trus bonus & tarif irit gak berlaku lagi…
    BASI…..

  68. Matt Muse Says:

    wah klo tiap 1 menit mati, batere hp nya kali tuh Mas udh ngedrop mesti diganti….atau hpnya kali yang udh rusak…hehehe

  69. nieznaniez Says:

    setuju. kapan2 itung tarif sms. silakan anda yang itung, saya menunggu…

  70. deethalsya Says:

    saya pake dua2-a>> XL Bebas & simpati..
    liat hsl itung2an mas arya, saya jd ngeh..
    mksh utk nasehat-a: “tarif Simpati akan terasa lebih murah jika Anda melakukan pembicaraan telepon dengan durasi 14 menit atau lebih dan Anda yang banyak melakukan pembicaraan dengan lama kurang dari 14 menit, maka tarif XL Bebas akan terasa lebih murah..”
    akan selalu saya inget mas.. :mrgreen:

    thx a lot.. :D

  71. Fany Says:

    aku blm migrasi ke PeDe..
    soalnya jarang buat nelp, nelp2nya pake cdma hehe..

    tapi ttp setia ma simpatiku, no nya agak cantik sepertiku dan sinyalnya lebih terjamin.. :D

  72. aDiNG Says:

    aku pake kartu halo = Rp 25/detik = Rp 1500/menit muahaaal!! :((

  73. Matt Muse Says:

    kapan harus pilih simpati ??? simpati tarifnya flat alias sama di semua daerah sedangkan XL mekanisme pentarifannya berbeda-beda di tiap daerah maka saya bisa membandingkannya seperti ini:
    – untuk pelanggan yang ada di jabodetabek jika nelp lebih dari 10 menit mending pilih simpati karena lebih murah dibanding XL bebas, karena simpati terus menerus rp 0,5 per detik, sedangkan XL di menit ke 11 dan 12 tarifnya kembali rp 10 per detik.
    – untuk pelanggan Sumatera, Jabar, Jateng&DIY, Jatim jika nelp lebih dari 13 menit
    – untuk pelanggan Bali&Lombok pada Peak time 17.00 – 22.59 jika nelp lebih dari 2 menit
    – untuk pelanggan Bali&Lombok pada off Peak time 23.00 – 16.59 jika nelp lebih dari 13 menit
    – untuk pelanggan Sulawesi pada Peak time 17.00 – 22.59 jika nelp lebih dari 13 menit

    silakan aja dipilih…..pertimbangkan juga kualitas jaringan dan jumlah pelanggannya…lucu juga kan klo kita punya tarif termurah sedangkan temen2 kita pake operator lain, jadi tetep aja mahal karena interkoneksi…

  74. LaTenri Says:

    Mau murah ……. Miss Call Aja (apapun kartunya dijamin murah…)
    kartu gua XL dan FREN karena gua jarang telp lama2 makanya murah…
    dulu pake simpati ….. Cape deh isi pulsa mulu… kalo luas tidak luasnya gua banyakan staynya di jkt jadi ngga ngaruh gitu lho…

  75. x-man Says:

    sepertinya, saat ini Simpati jadi prabayar GSM yg paling transparan dan paling murah utk durasi bicara lbh dari 10 menit. Soalnya XL rp.1/detik, ternyata mekanisme pentarif-annya akan berulang untuk setiap 10 menit. Artinya utk menit ke-11 dan 12, tarifnya bukan Rp.1/detik lagi, tapi balik menjadi Rp.10/detik, dan setelah itu akan menjadi rp.1/detik lagi sampe menit ke 20. Dan pada menit ke 21 dan 22 akan balik menjadi Rp.10/detik lagi. demikian seterusnya, jadi tarifnya akan berulang setiap 10 menit. Dan hal ini nggak diberitahukan ke pelanggan, alias tdk transparan. Kl ngga percaya, dicoba aja sendiri.

  76. dhika Says:

    Kayaknya jadi beli simpati pede aja ah..agak kecewa lama2 ma XL bebas. Tadi pagi telp masa dah 4 kali tiap 3 menit diputus. Padahal biasanya 1 jam. g tau kenapa tuh. Lha wong pulsa masih…alhasil, blm ada 1 jam, pulsa 7000 habis dah…payah euy…gara2 nariknya gede Rp 10/detik. coba telkomsel ahhhh…thx for the review

  77. adi Says:

    Yups setuju yang dikatakan x-man… mulai menit ke 10 s.d 12, tarif XL kembali lagi ke Rp. 10/detik…coba dicoba dan diperhitungkan kembali.

  78. Nisa Says:

    gara-gara gini nih… temen2 gw susah dihubungi *gonta-ganti nomer terus* :mrgreen:
    gw baru tau lho ttg ini,,, berarti simpati digunakan buat yg mo nelepon lamaaaa beud. kalau xl cuma buat nelp kurang dr 14 menit ^^

  79. -=«GoenRock®»=- Says:

    Hehehe, nomer gsm saya mah buwad sms-an wae, kalau harus gonta-ganti nomer gara2 kepincut sama iming2 tarip murah nggak mau ah, sayang sama nomer simpati saya yang cantik. Lho? Kok saya nyebut Simpati? Lhooo kok nyebut lagii? :P Kalau tilpun2 teteup ajah pakek Esia, biarpun kadang2 jadi Eeee…sial kalau udah kumat putus2 ngga jelas :D

  80. Testimoni Pengguna Mentari « Another side about me Says:

    [...] tulisan term and conditionnya sangat kecil dibanding tulisan lain, tapi setelah liat2 review dari sini dan ini serta banyak review lain, ternyata term and condition yang berat ada di Mentari… [...]

  81. Budi Says:

    Klo gw tetep pake Simpati Pede , buat di bawa ke luar kota sinyal masih full , klo xl udah biar pet kaya listrik…

    Lagian biasanya gw klo nelpon buat bisnis ke relasi pasti lebih dr 15 menit… :)

  82. aryareload Says:

    XL……
    TARIF TERMURAH..
    Rp 0,1/dtk

    http://aryareload.blogspot.com/

  83. Matt Muse Says:

    Wah XL hebat ya..? berani gitu loh…tarifnya makin murah..padahal dengan tarif rp 1/detik aja kualitas sinyal nya udah jelek banget apalagi dengan tarif Rp 0,1/detik pasti makin ga jelas & ga berkualitas…Ya namanya juga pengen bertahan hidup, tarifnya emang makin murah tapi kasian karyawan2nya…banyak banget karyawan kontrak yang dibayar murah kayak kuli, bentar lagi gajian nya telat-telat tuh..hhfhfhfhfhf..cape deh..

  84. irsan Says:

    Gara-gara tarif baru XL (Rp 0,1/detik), maka sekarang breakeven pointnya jadi di 53,5 menit. Klo make kurang dari 53,5 menit, maka XL lebih ekonomis.

    http://irsanhf.blogspot.com/2008/01/simpati-pede-rp-05detik-xl-bebas-rp.html

  85. juan Says:

    terserah tarifnya mau brapa aja. Yang penting, dan paling penting tarif untuk gprs-nya.Tul ga ?

  86. joko Says:

    mending gw kawin ama monyet daripada pake XL, XL tukang TEPU……………………….

  87. toni as Says:

    Isinya harus di-update lagi nih, pake tarif terbaru.

  88. Agus winoto Says:

    XL boong bear , saya pake XL bebas hari ini telpon ke M3 , pembicaraan 1 menit pulsa abis Rp. 2.300,-
    apakah ini yang dinamakan muuuraaaah ??????

  89. Heri Says:

    Gimana nih Simpati Pede, katanya Rp 0,5 setelah 1 menit pertama.
    Aku telpon ke sesama simpati 8 menit 17 detik kena tarif Rp 3189 kok bisa dibilang murah.
    1 menit pertama = 60 detik x Rp 25 = Rp 1500
    sisa 7 menit 17 detik = 427 detik
    biaya seharusnya 437 detik x Rp 0,5 = Rp 218,5
    jadi total biaya seharusnya Rp 1500 + Rp 218,5 = Rp 1718,5
    Kok jadinya Rp 3189 ?????????
    Gimana….? ……BOOOOOOOOOng?????

  90. olik Says:

    untung saya gk punya HA PE

    gk ikut bingung… ahoehaoehoaheoaheo

  91. denis Says:

    aq udah coba tuh simpati murahhh bangetss tapi yg simpati PEDE.gak pernah putus2 tuh kecuali klo pulsa nya udah abis sih heheheh……

  92. dollah pinang Says:

    perang tarif operator seluler adalah bahasa para ahli.
    bagi saya selaku pengguna jasa operator seluler gak terlalu berpengaruh.
    mo tau alasannya :
    1. Bagi saya, sangat riskan apabila gonta-ganto no.HP dari operator yang berbeda karena tarif yang katanya sih “MURAH ABIZZZ”. karena saudara/teman/kolega akan sulit menghubungi kita.
    2. Bagi saya, Sangat bodoh bila tergiur dengan tarif promo yang ditawarkan oleh para operator. karena labelnya aja “Tarif murah” tapi “kualitas jaringan juga murahan” n “aturan nelpon yang ribet abizz” capeeeee dehhh……
    JADI saya ingatkan…..BAGI PENGGUNA JASA OPERATOR SELULER…JANGAN MUDAH TERGIUR DENGAN YANG NAMANYA “TARIF NELPON MAKIN MURAH” yang ada cuma “TARIF NELPON TIDAK MURAH”

  93. dollah pinang Says:

    Saran kepada manajemen XL (khususnya di area Pekanbaru)
    Berdasarkan pengalaman pribadi nyata.
    Hari Sabtu, Tanggal 14 Juni 2008 saya membeli kartu perdana XL Bebas di salah satu counter HP di Kota Pekanbaru seharga Rp. 15.000,- (nomornya gak usah diexpose ya). dan hasilnya (catat) :
    1. Cover kartu perdana “DITEMPEL ULANG” semula “tarif Rp. 1/detik” ditempel dengan stiker “tarif Rp. 0,1/detik” (gak bermodal).
    2. Setelah registrasi, n nyoba nelpon ternyata Kualitas sinyal XL sangat JELEK abizzzzzzzzzzzzzzz.
    3. Yang paling “MENGERIKAN” adalah pulsa tetap disedot padahal cuma misscall n diangkat trus diputusin..SADIZZZnya dilayar HP saya udah tampilan stand by, tapi ternyata di layar HP teman masih dalam tampilan percakapan. Gak tanggung2…lamanya berkisar 20-25 detik setelah pembatalan panggilan.

    Sekian….semoga diperhatikan oleh pihak MANAJEMEN XL.

  94. kathrine_yellow di FS Says:

    hm…jd pngen curhat soal tarif operator jg neh…
    haehiaeuhiauhe

    klo aku HAMPIR pny semua jenis operator…hehehe
    tmn2 bilang aku tukang pulsa..
    padahal sm skali ngga tuh…hahahahha

    operator mang tukang boong smua..
    makanya aku pnya HAMPIR smua jnis operator

    hp ku jg jd mendadak bnyk..hahahah
    krn komunitas ku jg seh…

    klo di gereja, bnyk yg pke im3 & esia…jd aku lebih bnyk pke 2 operator itu
    dan inet di hape pke im3 murah, bikin YAHOO messenger aku OL 24 jam..hhahaha
    ms 3hr cm Rp.1000 padahal makenya siang2. SEKARANG, klo sms pke im3 jg dah murah..sekalipun hrs sms 10x dulu..br bs murah…hahaha..biasanya aku sms sm tmn2 gereja ku..PUAAASSS…smpe jari kriting tuh..hahahahah

    klo di kampus, lbh bnyk pke esia doank…jd..aku ya tetep ber-esia ria..

    di kantor..kebanyakan pke telkomsel.. jd aku jg bawa simpati ke kantor…kartu AS ada di “kotak SIM CARD” buat standBY klo simpati mendadak ke abisan pulsa

    klo mentari, axis & 3 aku pke di rumah buat standBy aja…(buat internet biasanya) apa lg axis lg gratis inet-nya(sayangnya axis cm bentar gratisnya)

    klo XL jempol dan bebas…hm…jarang tmn ku pke nomor ini..bisa di itung jari deh..jd..2 nomor ini jarang di pake, kcuali “darurat” atau..kebetulan pngen ngbrol/sms bnyk ke tmn yg pke Xl jg.INTE PKE XL MUAHAAALLLL (mending ga pke deh!!!)

    dulu…nyokap pke FREN, krn klo tlp ke luar negri murah bgt… tlp ke Aussie hampir 45 menit, cm 25rb…skrng dia dah ganti esia…krn komunitasnya esia smua(termasuk org seisi rmh), tp, klo tlp ke luar negri pke esia MUAHAALLL….hahahhaha…lg pula dia ga terlalu pke bnyk tuh pulsa..

    ade ku setia sm esia n simpati…krn komunitas dia pke telkomsel…kadang dia nebeng jg pke im3 ku..buat chatting..

    klo bokap…simpati ONLY!!! dia ga mo pusing2 soal tarif operator. ga mo sibuk pke bnyk haPe…

    dan untuk sementara…aku blm pke smart dah hepi or ceria…..jd…..no comment buat jenis yg itu…haieuhaieuhiahe…..

    KESIMPULANNYA:
    aku pke esia + im3 + simpati yg dah pasti 24 jam ONLINE
    krn, 3 nomor itu sudah pasti ku bawa kemana2…dan krn komunitas ku..
    klo nomor yg lain kadang2 aja idup…hahahhaha..tergantung kebutuhan, br di idupin..
    haieuhaieuhiauehiauhe

  95. kathrine_yellow di FS Says:

    opss…. ada yg ketinggalan…

    klo FLEXI..ga niat pke..krn..dan kecewa dan benci bgt sm produknya TELKOM.. ; TELKOM tlp rmh + TELKOM speedy.. kaga ada yg bener!!!

    buat star one..aku ga pke, krn komunitasku ga ada yg ple itu..hahaha
    apa lg yah yg blm ku sebut??
    hm..pokoknya..klo ga kesebut,brati aku nda pke…krn ga ada komunitasnya yg pke…hahhaha

  96. Mas Wiro Says:

    Apapun kata orang, apapun kata operator,….aq ttp pakè simPATI.
    Karena gak mudah truoble, itu pokok masalahnya. Bagiq….kenyamanan
    dalam berkomunikasi adalah utama.
    Sebagai pemegang nomor simPATI yg cukup lama, aq paham bener
    “siasat” operator lain. Tp tak pernah sedikitpun tertipu.
    Aq memang megang sebagian besar produk operator, tapi hanya untuk
    “riset”q sendiri. Akhirnya terbukti kenyamanan tak terbeli dg apapun.
    Jd naik taksi tak mungkin disamai dengan naik angkot.
    Nelpon selalu nyambung bagiq lbh nyaman drpd, murah tp bolak balik
    call ga nyambung2.
    KAN BERABE KALO PAS URUSAN “MAHA” PENTING

  97. yoga Says:

    Therapy & Massage metode urut, alami melancarkan predaran darah , atasi PROBLEM PRIA ,Ejakulasi dini, lemah sahwat, kurang perkasa , SIAP BANTU ANDA KE TEMPAT HUB :YOGA 021-708-1212-5

  98. m3 Says:

    perasaan nelpon yg paling murah antara sesam cuman m3 ,pagi2 nelpon 100 rupiah aja udah 10 menit wew ayik ? buat internet juga murah layanan gprs ga ribet ,klo simpati makeknya pass pergi jauh aja atau di pelosok bumi yg sinyalnya susah ? klo di kota mendingm3 aja ? simpati tetep mahal xl juga ?

  99. tarif murah hanya untuk sesama !!!!! Says:

    klo di seleksi lebih dalam ,tarif murah semua operator , cuman berlaku untuk sesama (nah inilah rahasia operator.walaupun ada yg keselain operator agak murh tapi ttp murh sesama operator) ,jadi kmu tinggal liat di anatara nomor yg sering kamu hubungin dia makek kartu apa, nah kamu tinggal ngimbangi aja ,semua pkk simpati kmu pkk m3 samao bae boong > kmu pkk simpati lainnya pkk m3 samoo jugo boong jadi imbangin aja klo pingin murah ,rebet amat ? pinter-pinterlah menjga keseimbangan ,nelpon seperlunya aja ?

  100. sangmane Says:

    kalo mau nelpon murah selepas jam kantor, coba pakai XL aja.

  101. hahaha Says:

    mau aja di boongin anak kecil……………

  102. mavia perantau Says:

    halah aku pake simpati tiap hari kena 2000 padahal itu gak ikut apa – apa …….

  103. thepilatesbiz Says:

    Im speechless. This is a excellent weblog and really enticing too. Nice work! Thats no longer in reality much coming from an beginner publisher like me, however its all I may say after diving into your posts. Great grammar and vocabulary. No longer like different blogs. You in reality recognise what you?re talking approximately too. Such a lot that you made me want to explore more. Your weblog has transform a stepping stone for me, my friend.

  104. pulau tidung Says:

    erimaksih untuk info tarif internetnya dari semua operator sangat membantu saya untuk memilih yang lebih baik dalam mencari yang murah

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 27 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: