Mencari Nama

Konon, ada satu penyakit internet bernama egosurfing. Egosurfing adalah sebuah penyakit di mana penderita terobsesi dengan reputasi diri di internet. Saking terobsesinya hingga kebanyakan waktu online penderita dihabiskan untuk melakukan pencarian namanya sendiri di situs seperti Google atau Yahoo. Penderita juga kerap mencek ranking di Technorati

Nah, sepertinya saya menampakkan gejala terjangkit egosurfing. Dinihari seperti ini masih sempat-sempatnya Googling dengan keyword nama saya sendiri.

Hasilnya, dengan keyword “arya perdhana” (dengan tanda kutip), maka akan saya dapatkan 11 halaman hasil pencarian Google. 1 halaman berisi 10 webpage yang berisi tentang keyword yang bersangkutan. Berarti, ada setidaknya 110 page yang berkaitan dengan keyword berjudul “arya perdhana” itu tadi. Ada sedikit halaman yang tidak relevan. Tapi kebanyakan halaman tersebut cukup relevan. Sebagian besar halaman yang berkaitan berisi tentang berita-berita yang saya liput dan atau tuliskan.

Kemudian, saya teringat bahwa kantor saya terkadang salah menulis nama saya. Pernah nama saya ditulis Arya Perdana. Pernah juga ditulis Aria Perdana.

Dengan kata kunci “Arya Perdana”, juga didapat 11 halaman hasil pencarian Google. Sayangnya, lebih dari separuh halaman yang ditampilkan tidak berisi informasi yang relevan tentang saya. Ada yang nama ekonom, ada nama polisi, ada pula nama perusahaan, bahkan nama hotel. Sedang, halaman-halaman yang berkaitan tentu saja kebanyakan dari situs berita ini.

Lalu, dengan kata kunci “Aria Perdana”, hanya didapat 3 halaman hasil pencarian Google. Payah. Sangat sedikit halaman web yang berkaitan dengan saya. Sisanya, entah informasi tentang apa.

Demikianlah efek dari penyakit egosurfing yang tengah hinggap di tubuh dan pikiran saya.


7 thoughts on “Mencari Nama

  1. saya sempatkan meng-komen-i postingan narsis seorang super egosurfer. FYI, arya ini selaen nge-surf nama sendiri dgn b’bagai pola, ia jg pernah nge-surf nama org sekantor! ya, sekantor! Tidak kurang! saya heran, kepribadian arya ini sebenarnya apa…begitu kompleks..kadang narsis, kadang sinis terhadap narsisme orang lain, kadang narsis sekali..Hmm..memang aneh…

    Suatu hari di masa depan, saya membayangkan bertemu arya dalam pose :
    1. makan dgn piring berlogo gugel 2. kausnya berlambang gugel 3.penghasilannya dr adsense gugel 4. anaknya dipaksa jadi programmer supaya masuk jd pegawai gugel 5.rumahny pindah dkt kantor gugel 6.mati kurugan gugel…

    “selamat datang di goo-ar-gle-ya” <==mesin cari saingan google dan booble NAMUN hanya untuk pencarian dokumen menyangkut segala jati diri Arya..saya yakin suatu hari si egosurfer ini akan membuatnya!!!yakin sekali!

  2. huahahaha… bagaimana mungkin saya membuat saingan gugel? lah wong saya menangani applet java milik operator baru itu saja kesulitan setengah modar?

  3. arya ini… ayolah! kasih dia kesibukan…. mo jadi ego surfer atau apa yg penting dia ada kegiatan… dan damai turun di bumi!

    wakakakakakakaka

  4. Google is my way…. Wuahahahahaha…. sama Ngobh (eh salah) Ya.. aku juga sering googling dengan nama sendiri kog, lumayan lah. masih a1 atau 2 yang relevanšŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s