Efek Detik

Ada sebuah kejadian yang populer di internet yang bernama Efek Slashdot. Menurut direktif, Efek Slashdot sebuah contoh sebuah situs Web yang lebih populer dapat menyebabkan persoalan pada situs Web kurang populer akibat kedatangan pengunjung yang bertubi-tubi. Sedangkan Wikipedia mendefinisikan Efek Slashdot adalah


“the phenomenon of a popular website linking to a smaller site, causing the smaller site to slow down or even temporarily close due to the increased traffic”

Nama Efek Slashdot berasal dari nama situs Slashdot.org, sebuah situs yang membahas isu TI. Efek yang serupa juga dinamai Efek Fark dan Efek Digg.


Di Indonesia, pernah terjadi Efek Detik. Terminologi ini diperkenalkan oleh Priyadi, seorang blogger senior Indonesia. Pada saat itu, server pada blog Priyadi sempat down gara-gara berita soal blog tersebut dimuat di halaman depan detik.com.
Dalam perspektif lain, Efek Detik juga terjadi baru-baru ini. Awalnya adalah pembuatan petisi online pembubaran IPDN yang dipelopori sejumlah blogger seperti Venus dan Anto. Kemudian, berita tentang penggalangan petisi ini dimuat di detikinet, kanal dari detik.com. Lalu, muncul juga berita lanjutan tentang blog milik orang yang mengaku-aku IPDN Mania.


Untuk penggalangan petisi, hingga Selasa Pukul 13.25 WIB, petisi tersebut sudah ditandatangani lebih dari 1000 orang. Angka ini dicapai hanya dalam waktu 24 jam (lebih-kurang) sejak petisi tersebut diumumkan.


Sedang untuk blog “IPDN Mania”, saya tidak punya ukuran untuk menilai seberapa jauh Efek Detik ini telah melanda blog mereka.

10 thoughts on “Efek Detik

  1. Wah, jadi pingin kena efek Detik ini, bisa terkenal (meski web down tapi kan sebentar)

    Kira-kira gimana ya biar bisa ? bikin posting/blog kontroversial?

  2. aku gak mau kena ‘detik effect’. ga pake itu aja blogku lumayan rame kok, sampe kadang2 pegel jawab2 komen, hahaha…narsis dan njelehi banget kan???

  3. ini komen buat posting tentang si Cho. selain serem, aku juga kasian sm dia. he was sooo unhappy, soooo angry..

    harusnya Cho belajar anger management sama aku. tapi kata wadehel, anger managementnya simbok venus sambil bawa samurai ..wekekekek…

  4. @venus
    ini, ini, ini ciri khas seleb blog… huahahahaha…
    kapan2 aku mbok diajarin anger management juga? soalnya kadang aku sering terinspirasi sama Cho je… *serem

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s