10 Makanan Wajib di Kota Purwokerto (Bagian 2-habis)


Mari melanjutkan jalan-jalan kita mencari keunikan kuliner kota Purwokerto.
6. Ayam Goreng Eco Niki

Ayam gorengnya renyah di luar tapi empuk di dalam. Dipadu dengan sambal yang tidak terlalu pedas untuk ukuran saya (tapi dibilang pedas untuk istri saya). Selain itu, di sini juga disediakan kremesan yang garing. Kremesan ini bisa dinikmati bersama ayam dan nasinya, atau sekedar dijadikan camilan seperti halnya kerupuk.


Di mana? Temukan ayam goreng Eco Niki di depan SMU Negeri 4 (arghhh lagi-lagi, saya lupa nama jalan), di samping markas travel Bob Mila.
Berapa? Untuk sepotong ayam, harganya Rp 6000 saja.


7. Kripik Tempe

Kripik tempe Purwokerto berbeda dengan kripik tempe dari tempat lain. Kripik tempe Purwokerto berukuran sedikit lebih besar dari kripik tempe Malang, misalnya. Lalu, bila kripik tempe lain menggunakan bumbu jintan, kripik tempe Purwokerto tidak. Rasanya gurih. Selain sebagai teman minum, bisa juga dijadikan lauk makan.

Di mana? Kripik tempe, yang terbaik adalah yang dibikin tetangga belakang rumah saya di Gandasuli, Karang Pucung. Kripik produk tetangga saya ini, dijamin baru digoreng. Tapi, Anda bisa juga menemukannya di pusat oleh-oleh. Misalnya, pusat oleh-oleh Ny Sutrisno (Belong) yang terletak di belakang Moro Grosir.
Berapa? 1 bungkus kripik berkisar Rp 3.000-5.000.


8. Mie Palma

Mie goreng/rebus dan nasi goreng gampang ditemukan di mana-mana. Tapi Mie Palma ini istimewa. Mie gorengnya memakai mie yang lebar (kwetiaw). Lalu, dimasak di atas tungku arang. Panasnya merata. Bumbunya pun sudah tercium harus saat dicemplungkan dalam wajan. Saat mie dimakan, rasanya benar-benar mantap!


Di mana? Mie Palma mangkal di depan Fuji Film di perempatan Jl. Jenderal Sudirman dengan Jl. Kol Sugiono. Perempatan ini disebut perempatan Palma.
Berapa? Harga satu porsi mie goreng/rebus atau nasi goreng adalah Rp 8.000.


9. Getuk Goreng

Ini dia, satu makanan yang tidak ditemukan di tempat lain. Berawal dari kreasi Sanpirngad berpuluh-puluh tahun lalu (saya belum lahir waktu itu :p), yang menggoreng getuk buatannya agar tidak basi dan bisa dimakan buat esok hari. Ternyata getuk goreng ini disukai orang, sehingga lalu dijual. Pada dasarnya, getuk biasa yang terbuat dari singkong dan gula merah, lalu digoreng dalam bentuk bulatan-bulatan sebesar batu.

Di mana? Di sepanjang jalan raya Sokaraja yang menuju Semarang atau Yogyakarta, bertebaran toko-toko yang menjual getuk goreng. Atau sekali lagi, bisa juga ditemukan di toko oleh-oleh.
Berapa? Satu bungkus getuk goreng yang dikemas dalam bentuk besek (dari anyaman bambu), bisa diperoleh dengan harga Rp 5.000-8.000.


10. Es Jorok

Saya bingung, entah kenapa tempat ini diberi nama es jorok? Tapi, tenang saja, meski namanya es jorok, es buah dan es campur ini tidak jorok. Tempatnya cukup bersih meski rada kecil. Rasa es buah atau es campur yang disiram susu coklat di atasnya akan membuat kerongkongan yang kering terasa sejuk.


Di mana? Warung es jorok berada di Jalan Riyanto, Sumampir, sedikit di sebelah utara kampus Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.
Berapa? Jika Anda punya uang Rp 4.000, Anda sudah bisa menikmati satu mangkuk penuh es jorok yang nikmat ini.

Nah…itulah sepuluh makanan yang merupakan bagian dari kekayaan kuliner kota Purwokerto. Meski ada yang khas, mungkin ada beberapa makanan yang bisa ditemukan di kota-kota lain. Tapi percayalah, jenis kuliner di kota Purwokerto memiliki keunikan tersendiri yang patut dicoba.

Mungkin ada beberapa makanan yang terlewat dan tidak sempat terlintas di benak saya. Jadi, bila ada waktu nanti, saya mungkin masih akan menulis tentang makanan-makanan lain di kota Purwokerto.
———————
+foto getuk goreng dicomot dari sini

About these ads

44 Tanggapan to “10 Makanan Wajib di Kota Purwokerto (Bagian 2-habis)”

  1. deking Says:

    Kok soto kecik Sokaraja-nya gak terdaftar Mas?

  2. Arya Says:

    bedanya soto sokaraja sama soto kecik apaan yah? *malah balik nanya… huehehehehe

  3. antobilang Says:

    rikues…
    besok posting :
    10 spot hunting cewek manis di purwokerto (2 postingan)
    ahahahaha

  4. Arya Says:

    maaf, saya sudah pensiun dari kegiatan bernama: hunting cewek manis. silahkan cari guide lain sahaja. huaahahahaha

  5. cya Says:

    saya merindukan keripik tempe yg selalu dibawa arya kenapa kmrn pas pulang yangv trakhir kamu gag bawa oleh??
    pokoke pulang yg berikutnya minta oleh2 es jorok (iH..) dan soto sokaraja!!

  6. Priki Says:

    11 . Sega bandem, bawa duit 4000 dijamin kenyang, suasana malem yang dingin dan akrab memebuat kita lupa waktu…

    12. Kopi buata Ibu Arya… ngga ada duanya… dateng ke rumahnya dan coba sendiri, *sruput* feel it….. *nikmatttttttttttttt……

  7. Arya Says:

    No 12.
    di mana? jl. gandasuli
    berapa? gratis…
    huahahaha… disambi ngudud ya kong?

  8. eko_van_banyumas Says:

    enak banget ya

  9. Devi Says:

    saya mau tanya alamatnya kripik tempe echo 21 di purwokerto sekalian no teleponnya juga ya, soalnya mau pesen jarak jauh bisa ya

  10. aee Says:

    dikasih nama es jorok soalnya tempatnya men”jorok” ke dalam banget, alias mojok pas pertama berdiri dulu…sekarang mah udah di pinggir jalan getoh

  11. Resi Bismo Says:

    ini dia yg gw cari….

  12. Savitri Says:

    eh Kraca-nya kok nggak kesebut sih padahal nyummmi banget tuh!!!!!!!apalagi sekarang pas puasa hehehehe

  13. Saadah, S Pt Says:

    Kangen nih sama purwokerto…..

  14. dr_prima Says:

    Eco niki..ga terlalu enak ah..

  15. budhe Says:

    Hwaaah… mantap nich… makasih ya Mas.. info kulinernya sangat manfaat secara kami baru mo’ pulkam nich ke PWT tercinta ntar dech ajak ajak suami dan anak anak kliling menikmati menu andalan kita ni .. asli kebeneran banget referensinya… jabat hati dari kami ..hayo lebih semangat ya untuk posting yg asyik laionnya …

  16. Purnomo Says:

    Mas, Mbak
    Katanya ada es duren yang enak di Purwokerto ya
    Mohon infonya, kalau nanti mampir gak bingung nyarinya
    Trims

    Purnomo – Kemayoran

  17. arya Says:

    @purnomo
    ada di dpn stadion satria mas. ngga kalah enak sama yg di purbalingga.

  18. zilie Says:

    kalo soto sokataja tu yg terkenal “soto sutri”
    ypi t4nya masuk ke dalam gang sebelah masjid belok kiri klo dari arah barat…

    dijamin MANTAAAPPPPHHHHH…………!!!!!!

  19. Meta Says:

    Cowboy from the hell itu rames pling murah sepurwokerto,kmudian nasi sorjem,seafood kokiku ma kribo,mie ayam telkom.mi ayam wanto,bakso kenthut,bakso telkom,mi ayam 401 kebondalem,ayam goreng tantene,mi ayam pak kumis,bakso teguh,ankringan heri,nasi rames yumi..

  20. lia Says:

    tu harga taon berapa mas ??????????/
    saya orang purwokerto n tau harga makanan2 itu……
    tu harga taon 1947 x….
    di up date donk mas harganya….masa murah bgtz………

  21. russel Says:

    ada es campur ma’nyus punya bapak kosq dulu, tempatnya di blkng kmpus fisip unsoed (jl.kampus) di lapangan grendeng (es campur pa narsan namanya) hrganya 4rb-an, ada es duriannya juga.

  22. Ihcan tolol Says:

    Wah mas arya terimakasih…
    Postingannya berguna bgt…
    Kebetulan besok saya ama temen2 kampus mau pada touring ke purwokerto.
    Wah bakal asik nih icip2 di purwoketo…
    Saya anak jogja cuma bisa mengucapkan, matur nuwun sanget…

  23. anthony Says:

    ah…sate sawunggalih banaran ga ada pahal itu termasuk kuliner di purwokerto tuh…sow sate itu dah lama bgt berdiri di kota purwokerto, udah enek harganya sangat terjangkau..bagi yang peminat makan sate coba aja dateng ke warung sate sawunggalih banaran di jamin enak deh…

  24. pary Says:

    *mie ayam bakso soto dan es buah manalagi berkoh* kok blm masuk mas?

  25. catur margiyanto Says:

    Kang…..
    Mendoan di pathukna karo sroto pa pecel jan ….nylekamin bgt…..

  26. Aveiro Says:

    mampir juga ke :
    Kedai Xtra Pedas(Lumpia Boom),
    Nasgor Mang Taher(Belakang Unsoed),
    Nasi Padang(Jl.Kampus),
    Bandeman(Daerah Pasar Wage),
    Lumpia Kuah(Daerah Pasar Wage),
    Lamongan(Daerah Perempatan Pasar Wage),
    Rica-rica(Jl.Sudagaran).

  27. Muhammad Says:

    mampir ke oplosan gan, dijamin gag bakalan kecewa . . .
    tempat’a di daerah Kombas(Komisaris Bambang Suprapto), tanya sekitar situ aja klo bingung. hehehehe . . .

  28. nurul Says:

    jadi kangen purwokerto nih..kuliah, kerja dan temen2 semua dipurwokerto.sekarang dah jauh dari purwokerto tapi setiap plg aku pasti sempetin cari makanan enak di sana..ada ayam tante deket unwiku, ayam bakar abg, sega bandem nya, bahkan kita kadang masih reuni makan2 bareng tmn2 kampus..pokoke kangen tenan..suasana di purwokerto yang adem tenang..jauh banget ma jakrta.

  29. Farid Says:

    wah….wah…wah..kalo purwokerto shi pasti kripik…. apa lagi Kripik NITI biarpun tempetnya masuk gang, tepatnya di jln Pramuka timur, pelangganya banyak ee poul….kalo ngomongin rasa tiada tanding tiada banding….lha wong cikal bakal kipik di purwokerto ya KRIPIK NITI…

  30. tekong Says:

    Hidup Purwokerto…. Namanya kota PWT memang apa2 ne ya serba enak tur murah. Hawane jg adem,ayem,tentrem. Kalau ngomongin makanan, inyong rekomendasikan ke Kemutug Lor di RT o2 RW 01 [gong siem]. Neng kana ana mie ayam yg enak & murah meriah. Mie ayamnya Sito alias Joi, takon baen wis pd ngerti kabeh. Lah ngomongin panganan jd pengin mudik,kangen karo masakane eyange. Kae lah pecel sing ana godong gandule plus kecombrang karo mendoan angete.

  31. aldy Says:

    mau tanya nie,, di purbalingga atau purwokerto,di mana tempat pasar malem makanan…..pusatnya?
    terima kasih

  32. edo_wibi Says:

    kurang 1 makanan di pwt ya g tercantum… SEGA BANDEM SARAS DI PJKA jg makanaN TENAR LOHHHHHH

  33. aning Says:

    klu malem dlapangan grendeng ad ayam bakar yg enak,,bkn kgeeeeeeeeeeen

  34. heru Says:

    Mungkin gua penggemar Lele dan Ayam bakar gua kasih rekomendasi ke Pecel Lele Lela disana ada ayam bakar madu dan Lele Saus Padang…sambelnya ok buangget..

  35. heru Says:

    Mungkin gua penggemar Lele dan Ayam bakar gua kasih rekomendasi ke Pecel Lele Lela disana ada ayam bakar madu dan Lele Saus Padang…sambelnya ok buangget..oyah… lokasinya di timur gor satria

  36. arjunasama Says:

    konon kabarnya nikmat makan serabi di purwokerto dikala subuh/pagi hari ada yang tau dimana?.jadi kepingin ke purwokerto nih,terimakasih

  37. dhani Says:

    ada yang baru gan.. mie ayam ceker & baso top 67. ada di jl ovis (utara toko ganesha) dan jl pengasinan tanjung purwokerto. Recomended buat penggemar baso, mie ayam dan ceker…

  38. Andy Says:

    ada rica enthog enak banget mas, kalo alamatnya lupa tapi deket alun2 Purbalingga, eh coba cek di Twitter @RicaEnthog sapa tau ada alamatnya

  39. Popies GirlShop Says:

    udah ke sana, ricanya pedes panas kan, namanya rica enthog budhe tul ga?? enak kok rame kalo siang

  40. kiki Says:

    es duren purbalingga oke

  41. ajib Says:

    aYAM BAKAR GUSTOS UMP

  42. 3yuwono Says:

    ad jg nh gan yg ketinggalan, lepet, lontong and ketupat khas Purwokerto rame bgt pasti klo lebaran http://perajinindonesia.blogspot.com/2013/01/ketupat-lontong-dan-lepet-purwokerto.html

  43. Bromo Travelling Says:

    artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

  44. susanto Says:

    http://sansusbaksio.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: