John

john1

Sudah 28 tahun lewat empat hari sejak John Lennon tewas. Empat peluru dari senjata Mark David Chapman menembus punggungnya dan membuat John yang berusia 40 tahun ketika itu meregang nyawa.

John yang gondrong, John yang genial musik, John yang kekiri-kirian dan John yang gandrung kepada banyak hal yang berbau-bau timur, mati di usia yang cukup muda.

John menulis ‘Imagine’ sebagai bagian dari sikapnya yang ‘anti-agama, anti-nasionalisme, anti-konvensional dan anti-kapitalisme’. “Tetapi karena lagu itu dibungkus dengan gula nan manis, maka ia diterima dunia,” katanya.

Lagu itu lantas mendunia. Hanya untuk contoh, perusahaan rekaman BMI menyebut lagu yang ditulis pada tahun 1971 itu sebagai lagu yang paling banyak diminta diputar di abad 20. Majalah musik Rolling Stone menempatkannya di urutan ketiga 500 lagu terbaik sepanjang masa.

Mantan Presiden Amerika Jimmy Carter berucap, “Di banyak negara di dunia ini, Anda mendengar lagu John Lennon, Imagine, sama seringnya dengan lagu kebangsaan.”

Menyebut nama John tentu tak lepas dari The Beatles. Bersama Paul McCartney, Ringo Starr dan George Harrison, mereka adalah salah satu band terhebat yang pernah dilahirkan di muka bumi ini.

John memotori Beatles. Membuat empat anak muda dari kota Liverpool itu dilirik Amerika, menjual lebih dari satu miliar album di seluruh dunia, menempatkan lebih dari 40 single, album atau Extended Plays(EP) di tangga nomor satu.

Tak hanya dalam musik John menonjol. Ia juga seorang aktivis pro-perdamaian. ‘Give Peace a Chance’, selain ‘Imagine’, adalah lagu wajib untuk mereka yang berdemo menentang perang di jalanan kota-kota besar dunia.

Bila saja John masih hidup hari ini, saya yakin dia akan turun ke jalan di New York, London atau Tokyo, mengumpat George Walker Bush dan meminta semua orang di dunia ini memberi perdamaian sebuah kesempatan.

Tetapi John sudah tak ada. Malam itu, Chapman menghabisinya; hanya beberapa jam setelah John memberinya tanda tangan di atas album ‘Double Fantasy’.

32 thoughts on “John

  1. kalau John masih hidup skr, brarti umurnya 68 tahun, lebih muda dari Titiek Puspa (waaa… padanannya kok Titiek Puspa :D).

    Kalau John masih hidup, lagu barunya bakal dijadiin NSP: ketik Reg spasi .

    Kalau John masih hidup, namanya bisa muncul di berita Inet: Lagu Baru John Lennon dibajak di Internet.

    Tapi orang hebat emang kebanyakan mati muda, biar tetap hebat saat tutup usia.

  2. Harusnya sempat photo bareng juga,..
    sayang si photographernya keburu takut ama Chapman😀

    *seandainya jadi photo,.. itu bakal jadi photo paling ironi dan muahal!

  3. dalam 1 abad pasti ada seorang manusia yang sangat genial, dan special, john adalah salah satunya, terlepas doi anti agama, anti nasionalisme de el el, karya2nya masih banyak di gandrungi anak muda sekarang.

    *yang masih lebih respek sama bang haji raden oma irama.
    peace

  4. Tiba-tiba inget film “You Stupid Man”. Waktu dilirik cowok gondrong kacamata bulet, Milla Jovovich ngeloyor sambil nyeletuk, “Peace, John… ” Hehehe, gak penting.

    Walopun gak ngefans sama John, postingan Arya ini sekali lagi membuktikan bahwa orang hebat nggak pernah mati.

    Btw, ada yg tau ceritanya si Otong sehingga nama belakang topnya jadi ‘Lenon’?

  5. Di lirik lagu “imagine” seolah-olah Lennon itu anti-agama, anti-nasionalis, tapi kalo aku renungkan, kalo kita mengaku beragama kok ya masih ada saja perang yang mengatas-namakan agama,
    Pesan Lennon di lagu ini bukan mengajak orang untuk anti-agama, anti-nasionalis, dll. Tapi mengajak kedamaian. Dunia ada dalam satu kedamaian. Peace !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s