Bacaan 2012

BukuBuku

Awal tahun lalu, saya menulis kritik terhadap diri saya sendiri perihal membaca buku. Tahun 2011, saya cuma membaca 7-8 buku saja. Untuk seorang yang pekerjaannya setiap hari adalah menulis dan menyunting, tentu ini memalukan. Di akhir tulisan itu, saya menargetkan bisa membaca 15 buku selama 2012.

Setelah setahun, saya menilik ulang buku apa saja yang sudah saya selama setahun. Untunglah ada Goodreads, jadi catatan saya ini lumayan akurat. Kesimpulannya, saya berhasil membaca 25 buku. Rinciannya, buku fiksi berbahasa Indonesia 9 buku, fiksi berbahasa Inggris 12 buku dan nonfiksi 4 buku.

Iya, jumlah buku nonfiksinya paling sedikit. Empat buku nonfiksi yang saya baca adalah Subwayland (buku kumpulan kolom di New York Times yang temanya tentang subway kota NY. Buku saya pinjam dari Cyapila yang ternyata pinjam dari Robin), Soccer 365 (buku yang kebanyakan berisi foto, isinya tentang sejarah Piala Dunia sejak 1938 sampai 2006), Barack Obama in His Own Words (isinya tentang ucapan-ucapan Obama mengenai banyak isu, buku ini dibeli saat ada diskon di Gramedia Yogya) dan Anak Singkong (buku ini nggak beli karena dikasih oleh teman di Detik).

Daftar lengkapnya begini:

  1. Subwayland: Adventures in the World Beneath New York
  2. Soccer: 365 Days
  3. Barack Obama: In His Own Words
  4. Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Fiksi masih menjadi minat utama saya. Buku fiksi berbahasa Indonesia yang saya baca kualitasnya bervariasi. Ada yang jelek kaya 1 Perempuan 14 Laki-laki yang menurut saya sampah, yang agak lumayan seperti Sang Musafir dan Perempuan yang Melukis Wajah, atau yang bagus seperti 9 dari Nadira dan Cerita Cinta Enrico. Ada dua buku yang mungkin lebih tepat ditujukan buat anak di sini, yaitu James dan Persik Raksasa serta Gadis Korek Api. Meski sebenarnya ditujukan buat anak-anak, saya tetap menikmati membaca 2 buku itu kok.

Daftar lengkapnya begini nih:

1. Jalan Tak Ada Ujung

2. Cerita Cinta Enrico

3. Perempuan yang Melukis Wajah

4. James dan Persik Raksasa

5. Gadis Korek Api

6. Sang Musafir

7. 9 dari Nadira

8. 1 Perempuan 14 Laki-laki

9. Gadis Jeruk

Tahun 2012, saya makin gemar membeli dan membaca buku fiksi berbahasa Inggris. Dari yang klasik seperti Anna Karenina (belum dibaca) dan Dubliners, lalu yang modern semacam Love in the Time of Cholera, sampai yang kontemporer semacam The Road atau The Perks of Being a Wallflower. Buku berbahasa Inggris terbaik yang saya baca tahun ini adalah The Catcher in the Rye (jelas!). Saya juga sangat suka dengan Norwegian Wood, A Visit from the Goon Squad dan The Girl with the Dragon Tattoo.

Daftar lengkapnya:

1. Love in the Time of Cholera

2. The Sense of an Ending

3. A Visit from the Goon Squad

4. Dubliners

5. The Perks of Being a Wallflower

6. Franny and Zooey

7. The Kite Runner

8. The Girl with the Dragon Tattoo

9. The Catcher in the Rye

10. Kafka on the Shore

11. Norwegian Wood

12. The Road

Oya, terakhir, saya juga mengoleksi empat buku Le Petit Prince dalam bahasa Inggris, Prancis, Belanda dan Catalan. Tiga buku terakhir titip ke teman saya Lana yang lagi ke Eropa (if you happen to read this, I remember my due to you :p).

12 thoughts on “Bacaan 2012

  1. Hmm mas arya banyak jg bacaannya, bacaannya buku populis semua🙂 kalau dr jumlah bisa lebih byk saya, krn novel fiksi, non fiksi, sastra dan graphic novel saya hitung. Target thn ini seluruh buku/tulisan Pram, Hamka, sastrawan pujangga lama dan Tolstoy terbaca :))

    Utk Anak singkong saya emoh baca…..😛

  2. Wehehehe.. Ini sih kebanyakan buku kita sama, ya? :p

    Kalo nggak dapet referensi, kadang comot apa aja yang gue liat resensinya menarik. Tapi belakangan lagi baca kumpulan cerpen-nya Kompas.

  3. Mantaps! Tahun 2012 kemarin aku sukses baca 27 buku dari target 25 buku. Gak itungin yang bahasa Indonesia atau bahasa Inggris karena tujuan utamanya adalah baca, baca dan baca😀

    Tahun ini aku targetnya 50 buku, akan diisi sebagaian besar buku fiksi (as always) dan buku-buku HRM untuk menunjang pekerjaan.

    Semangat Alyak!^_^ Mari semangat baca sama-sama😉

Tinggalkan Balasan

