Otak Pintar di Balik Smartphone Canggih

Ponsel pintar makin nggak terpisahkan dari gaya hidup manusia di era modern. Mulai dari kita melek bangun tidur, sampai sebelum mata terpejam buat tidur, pasti ada peran ponsel pintar di sana; boleh jadi mulai dari memeriksa Whatsapp dan Telegram dari teman-teman atau gebetan, ngecek email kali-kali aja ada pengumuman dari bos kalau hari ini boleh bolos (ngarep!), memotret kejadian atau pemandangan di sekitar kita buat diunggah di Instagram, atau ngecek Twitter dan Facebook buat tahu topik yang lagi ramai diobrolin dan kabar teman-teman kita.

ADay

Soal foto-foto di ponsel, asal tahu saja, ada data yang nunjukkin kalau 58% pemakai ponsel pintar hanya memotret pakai ponsel mereka (artinya, nggak lagi butuh kamera saku atau DSLR). Hasilnya, di seluruh dunia, ada sekitar 1,4 miliar foto yang dijepret pakai ponsel per harinya. Ini membuat kamera digital makin nggak populer dan penjualannya semakin turun. (Lihat infografis di bawah)

Evolution

(Untuk slide lengkapnya bisa dilihat di sini.)

Makin banyak hal yang dilakukan, tentu saja kemampuan ponsel pintar harus makin oke dong. Apa sih definisi ponsel yang bagus itu? Mungkin kamu bakal jawab ponselnya cepat alias nggak lemot, layarnya tajam, audionya menggelegar, bisa buat 3G dan LTE, sekaligus nggak mudah panas dan baterainya irit (biar nggak ke mana-mana bawa powerbank, cuy!)

Ponsel pintar yang oke tentu butuh hardware oke yang bagus. Itu sudah logikanya. Dari banyak printilan yang ada di dalam ponselmu, salah satu yang terpenting itu prosesor. Ibaratnya badan kita, prosesor itu otak sekaligus jantung ponsel. Kalau prosesornya oke, ponselnya jadi oke. Sebaliknya, kalo prosesornya payah, maka ponselnya juga ikutan payah.

Di masa depan, prosesor tidak cuma berguna buat menenagai ponsel, tapi bisa sampai buat mobil. Teknologi canggih yang mungkin sekarang masih berada di fantasi pembuat film sci-fi, atau masih berada dalam gambar konsep di tangan ilmuwan, seperti navigasi 3D, pengenalan suara dan gerak tubuh, atau konsep hiburan kabin yang lebih canggih, bisa terwujud tak lama lagi.

Ngomong-ngomong soal prosesor, saat ini pasar ponsel pintar dunia didominasi oleh Qualcomm dengan produk andalannya, Snapdragon. Popularitas Snapdragon terjadi berkat kemampuannya sebagai prosesor yang bertenaga dan mampu menjalankan banyak pekerjaan sekaligus dengan cepat, sekaligus fitur hemat energi yang dimilikinya.

Salah satu prosesor Snapdragon yang punya kemampuan wuzz wuzz wuzz adalah Snapdragon 801. Prosesor ini dikenalin ke publik awal tahun lalu dan sudah jadi pendorong untuk ponsel-ponsel kelas atas. (Daftar lengkapnya bisa digugling yah). Jadi, dari segi kemampuan, Snapdragon 801 ini nggak perlu diragukan lagi.

Nah, akhir tahun lalu, ada satu lagi ponsel kelas atas yang memakai Snapdragon 801 sebagai inti dari mesinnya. Ponsel itu adalah Oppo N3, produksi pabrikan Oppo dari Cina. Dipasangnya Snapdragon 801 membuat N3 dijanjikan sebagai ponsel pintar yang koneksinya paling kencang, kinerjanya paling bagus, membuat kameranya tajam dan jelas, kemampuan multimedianya nggak malu-maluin dan yang nggak kalah penting: hemat energi.

Foto dari global.oppo.com
Foto dari global.oppo.com

Adanya prosesor Snapdragon 801 di dalam N3 bikin ponsel berlayar 5,5 inci itu sudah bisa memakai jaringan 4G atau LTE yang sudah digelar sama (setidaknya) tiga operator terbesar di Indonesia saat ini, yaitu Telkomsel, XL dan Indosat.

Tak cuma koneksinya yang dijanjikan bakal ngebut, Snapdragon 801 juga membuat kamera N3 bisa memampatkan lebih banyak megapixel, autofokusnya lebih cepat (cangcing, kalau kata orang Bandung, mah) dan bisa diandalkan buat memotret di tempat yang gelap alias minim cahaya.

Belum cukup di situ, Snapdragon 801 juga bikin N3 bisa merekam video 4K (lebih tajam dari High Definition/HD) dan bisa menghasilkan suara yang caem bak di bioskop waktu dipakai untuk nonton video atau dengerin musik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s