MUZE – Music Experience Without The Wire: Headphones dan Speaker Bluetooth Kece dari Polytron

IMG_2015-12-07 17:10:48

Dengerin musik disukai nyaris semua orang. Nggak terkecuali gue. Ketika lagi di rumah, waktu kerja di kantor, ketika lari (duluuuu!) atau ketika sedang bepergian. Kegiatan yang satu ini bisa bikin gue lebih santai, lebih fokus, lebih bersemangat dan lebih gembira.

Misalnya nih kalau pagi-pagi sebelum berangkat kerja. Adanya musik yang mengiringi gue pakai baju atau ketika gue nyiap-nyiapin barang-barang yang harus dibawa ngantor, bisa bikin semangat lho. Biasanya gue menyempatkan buka Spotify di laptop (nggak bisa donlod di iPhone, nih!) dan muter lagu-lagu yang upbeat.

 Nah, dengan kegemaran gue dengerin musik gitu, tentu saja gue seneng banget nih waktu dipinjemin headphones dan speaker dari Polytron. Yang headphones namanya Muze PHP-ZB1 dan yang speaker bluetooth namanya Muze PSP-B1. Dan setelah pakai selama kurang lebih 2 minggu, nggak pake basa basi lagi, berikut ini penilaian gue buat dua benda ini.

Desain

Secara desain, headphones Muze PHP-ZB1 bagus banget. Dengan warna luar putih dan hitam di bagian dalam (di bagian karet), Muze PHP-ZB1 enak dilihat dan nggak terlalu berat. Selain itu, bahan karet dan busa di bagian dalam Muze PHP-ZB1 juga bikin nyaman di kepala waktu dipakai. 

IMG_2015-12-07 17:07:24

Kalau misalnya dipakai ketika sedang di perjalanan, Muze PHP-ZB1 juga keliatan keren banget. Warna putihnya membuat headphones ini terlihat elegan dan berkelas. Bukan nggak mungkin, orang di sebelahmu jadi tanya itu headphones apaan dan juga tertarik buat pakai dan ikut merasakan asyiknya pakai Muze PHP-ZB1.

Desain speaker Muze PSP-B1 juga oke, sayangnya bagian baterai di bawah cuma ditutup karet seal yang agak tipis. Cukup repot ya kalau ternyata meja/lantai kena air. Tapi secara umum, Muze PSP-B1 juga cakep dilihat dengan warna utama abu-abu. Bahan logam yang mendominasi speaker ini membuatnya berkesan kokoh. Buat pemakaian dalam waktu lama, speaker ini juga menjanjikan keawetan karena desain dan materialnya yang cakep. 

Bobotnya juga nggak berat, enak buat dibawa-bawa. Kaya gue nih, seringnya speaker ini gue pajang di meja kantor buat dengerin musik di luar jam kerja. Tapi kalau weekend, gue beberapa kali bawa pulang speaker ini buat dipakai di rumah. Yah, bawa speaker Muze PSP-B1 ini mah enteng, nggak memberatkan tas. Jadinya mudah aja gitu buat dipindah-pindah.

Instalasi

Buat mendengarkan musik, Muze ZB1 atau Muze PSP-B1 harus disambungin dengan perangkat yang mendukung fitur bluetooth A2DP (advanced audio distribution profile). Untungnya, iPhone dan Mac gue sudah mendukung fitur A2DP ini dan buat nyambunginnya ke speaker atau headphones ini sangat mudah. Tinggal nyalain bluetooth, trus cari di Mac/iPhone, nyambung deh. Kalau sudah pernah di-pairing, biasanya antara Mac/iPhone dengan headphones atau speaker ini juga akan tersambung langsung waktu bluetooth di masing-masing bagian nyala.

Kualitas suara

Nah sekarang bagian paling penting dari produk audio: suara. Mau desain bagus dan trendi, tapi kalau suaranya nggak oke, nggak berguna juga kan speaker atau headphones-nya. Nah, menurut gue, kualitas suaranya PHP-Muze ZB1 dan Muze PSP-B1 ini keren.

thumb_IMG_1606_1024

Suaranya bulat dan nggak pecah, bahkan ketika suaranya dikencengin sampai pol. Paling enak sih buat dengerin lagu-lagu yang upbeat kaya lagu-lagu dari DJ top kaya Tiesto, Zedd, Calvin Harris dan lainnya. Suara basnya nendang, tapi kualitas mid dan treble-nya juga layak dipuji, misalnya buat menampilkan suara piano/keyboard dan vokal (khususnya vokal cewek).

Tapi jangan salah, headphones Muze PHP-ZB1 dan speaker Muze PSP-B1 buat dengerin lagu-lagu rock atau pop juga sangat oke kok. Gue pernah tuh dengerin sealbum Metallica (yang album Black) dan puas banget sama suara distorsi gitar atau gebukan drum yang kedengaran dengan jelas dan (lagi-lagi) nggak pecah walaupun pakai volume cukup kencang.

Ketahanan baterai

Headphones bluetooth sangat membutuhkan baterai yang oke biar tahan lama buat dengerin musik di jalan sebelum di-charge lagi. Kerennya, Muze PHP-ZB1 ini punya baterai lumayan mumpuni. Biasanya, dengan habit dengerin musik kaya sekarang (ya sekitar 4-5 jam sehari dari total waktu di luar rumah yang mencapai 11-12 jam sehari), baterai Muze PHP-ZB1 bisa tahan sampai 2 hari lho.

Sementara penilaian gue buat baterai speaker Muze PSP-B1, masih bisa diperbaiki dari yang sekarang. Baterai Muze PSP-B1 biasanya bertahan selama seharian. Meski begitu, gue sih cukup puas ya dengan baterai speaker ini karena letaknya yang selalu berada dekat colokan jadi bisa cepat-cepat di-charge ketika sudah mulai kehabisan daya.

Secara keseluruhan

Penilaian akhir gue, dua alat audio personal ini adalah pilihan yang sangat baik untuk dipakai di kantor, di perjalanan atau di rumah. Gue percaya bahwa produk audio yang baik membuat kita nyaman dalam menikmati musik dan membuat kita bakal lebih mengapresiasi karya musik.

thumb_IMG_1465_1024

Dengan desain yang juga cakep dan performa yang sangat baik kaya gini, Polytron Muze PHP-ZB1 dan Muze PSP-B1 bisa jadi pilihan buat mereka yang berjiwa muda dan nggak ingin ketinggalan tren terbaru. Apalagi, dengan kualitas audio yang cakep begini, harganya cukup terjangkau, kok. Dijamin nggak akan bikin kantong jebol.

 

 

 

2 thoughts on “MUZE – Music Experience Without The Wire: Headphones dan Speaker Bluetooth Kece dari Polytron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s