Tentang #SemingguSatu

Sejak pekan lalu, saya mengajak banyak blogger dan mantan blogger untuk kembali menulis. Biasanya, alasan tidak menulis adalah bingung tidak ada ide, atau terlalu banyak ide jadi malah nggak bisa dituliskan.

Awalnya, saya mengajak teman-teman dekat saya buat menuliskan buku-buku favorit mereka yang biasa dibaca di perjalanan. Yang ikut sih paling banyak enam orang, dua teman kantor, dua lagi teman di kantor lama dan masing-masing satu adalah teman blogger dan satu lagi teman yang kenal dari Twitter.

Kemudian, oleh mas Karmin (@fanabis), saya diajak buat mengembangkan flashmob blogging ini. Dia mengusulkan nama #SemingguSatu yang langsung saya setujui karena bagus, singkat dan saya nggak bisa nemu yang lebih baik. Hahahaha.

Jadi, buat menjawab apa itu #SemingguSatu, saya susun aja sebagai FAQ ya.

  • Apa itu #SemingguSatu?

#SemingguSatu adalah ajakan buat kembali nulis (di blog) dengan tema tertentu. Pekan pertama sudah tentang buku, pekan kedua tentang tempat-tempat favorit.

  • Siapa yang menentukan tema #SemingguSatu?

Tema akan disaring dari usulan teman-teman semua. Mungkin bisa voting, mungkin juga teman-teman sendiri yang bersepakat.

  • Kapan tema #SemingguSatu diumumkan?

Saya atau mas Karmin (atau yang lain juga bisa nantinya) akan mengumumkan setiap hari Selasa. Tulisan akan ditunggu sampai hari Selasa berikutnya saat tema selanjutnya diumumkan.

  • Saya harus lapor ke mana setelah posting #SemingguSatu?

Nggak harus lapor sih. Setidaknya, cukup promosikan posting barumu di Twitter dengan tagar #SemingguSatu. Kalau mau mention saya (@kelakuan) juga boleh. Nanti saya promosikan biar makin rame🙂

  • Apakah #SemingguSatu didukung sebuah brand tertentu?

Tidak. Saya menjamin bahwa #SemingguSatu bukanlah kampanye brand apapun. Kampanye ini murni ajakan agar para blogger kembali menulis dan memeriahkan blogosfer agar ramai dan dinamis seperti era 2006-2009-an.

22 thoughts on “Tentang #SemingguSatu

  1. ah aku belum sempet ikut ini.. tapi sudah beberapa bulan ini saya sudah berusaha menulis seminggu sekali kok, bahkan kadang-kadang seminggu dua. Apapun temanya..:mrgreen:

  2. eh, usul, gimana kalo buat blog sendiri, buat nampung link-link, plus utk publikasi tema baru..

    jadi nanti setiap postingan, bisa ngirim trackback ke URL tersebut, atau kalo yg pake blogspot bisa ngirim pingback (nge-link) ke tautan tersebut.

    jadi bisa ke-track juga siapa-siapa saja yg udah ikutan..😀

    aku nyumbang Chitato, wis! :))

  3. Wah kayaknya menarik! Minggu ini temanya apa? Masih yg 5 tempat favorit itu? Pengin bikin blog post juga ttg seminggu satu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s