Perang Telco

 

bts.jpg

Selesai KKN yang melelahkan selama dua setengah bulan, akhirnya saya bisa sedikit memanjakan pikiran dan badan. Ngapain? Ngopi, tentu saja.

Maka, saya dan seorang kawan pun melewatkan sore itu ke sebuah kafe di Amplaz. Bukan, bukan Starbucks yang baru buka itu :D. Menunggu matahari tergelincir di peraduannya, ngobrol memang cara yang sangat menyenangkan.

Selesai ngopi, kami melewati selasar Amplaz. Ada keramaian yang mencolok. Ada promosi sebuah operator yang baru masuk ke Jogja dan Jawa Tengah. Ramai sekali.

Rupanya, sang operator baru itu memang benar-benar kencang dalam upaya branding produknya. Promosi besar-besaran. Both above the line and under the line. Di selasar mall yang luas itu, calon pelanggan diberi keleluasaan untuk memilih nomor yang dia inginkan. Tentu saja selama belum dibeli konsumen lain (yang mungkin juga spekulan nomor cantik).

Dalam perspektif lebih luas, rupanya perang antar operator telekomunikasi seluler makin menggila. Berebut menawarkan tarif voice dan SMS yang murah. Berebut memberikan banjir bonus, fitur-fitur ekstra, bahkan undian berhadiah.

Lihat saja, dalam beberapa bulan terakhir, ada sejumlah operator baru (berbasis GSM maupun CDMA) yang meluncurkan produknya. Lihat yang ini, dan yang ini. Pasar yang relatif masih berkembang memang membuat ngiler para pengusaha untuk terjun meraup Rupiah.

Apa untungnya untuk kita para konsumen?

Tentu saja perang telco seperti saya gambarkan di atas akan membawa keuntungan bagi konsumen. Kompetisi super-ketat seperti ini membuat konsumen bisa memilih operator yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Sejauh ini memang tidak ada ultimate product yang katakanlah: tarif SMS-nya murah, billing dihitung per detik, internet GPRS murah, 3G murah, jangkauan luas dan sinyal kuat, voucher murah, dan lain-lainnya. Sejauh ini, as far as I know, belum ada produk super seperti itu.

Kompetisi yang ketat juga membuat para pelaku bisnis lama seperti yang ini dan ini berpikir ulang mengenai tarif yang mereka kenakan. Saya sebagai pengguna operator yang ini merasa bahwa struktur tarif yang ada benar-benar memberatkan. Saya bertahan karena nomor saya masih 12 digit (beli starter-packnya pun mahal :p) dan sudah relatif dikenal para relasi.

Sebagai contoh, soal struktur tarif SMS. Menurut supervisor saya, seorang jurnalis teknologi informasi yang sudah cukup senior, production cost dari sebiji SMS adalah sekitar Rp 16. Sementara tarif yang dikenakan kepada saya mencapai Rp 350 per teks terkirim. Bayangkan betapa untungnya operator-operator itu?

Belum lagi bicara soal tarif voice yang berbasis waktu per 30 detik. Melihat operator yang mengenakan tarif voice per detik, bahkan sampai ada yang Rp 1 per detik, maka saya berharap besar, operator sang pemimping pasar yang sombong ini bisa menurunkan tarifnya.

Jadi tentu saja, sebagai konsumen telekomunikasi, saya menyambut baik perang telco kali ini. Semoga saja konsumen menjadi pemenangnya.

Gambar diambil dari sini

71 respons untuk ‘Perang Telco

  1. Sorry telat mampir. Harap kefakiran bandwidth kesibukan saya akhir2 ini dimaklumi

    BTW baca komennya Anto itu lho wakakakak
    Ternyata Anto cemburu karena lihat Arya kercan dengan OBtemen yang itu

  2. huh bah indonesia smkin jadi hutan bts……semua operator pgn-e nduwe bts dewek [-( *sedakep geleng2, tapi nek aku gawe jadi network engineer-e ra komplen deh, wuakakakakakakakakakakaka…. nyampah..

  3. @antobil
    serius ada di situ? aku malah seneng kamu gak negor… :mrgreen:
    ngganggu ajah!

    @deking si fakirbenwit
    *injek2 deking

    @ck
    lu kali yg jeles :p

    @deking si FB lagi
    iya, anto harusnya digerinda aja

    @almas
    udah tandatangan belum? jgn titip absen ya?

    @ngadimin
    selamat datang wahai blog junkie ;))

  4. @calon BOD KTS
    kamu lengob

    @antogirang
    kamu rajanya homok! :))

    @mansur
    pake “3”, Dil… tp kamu pindah dulu ke jawa :p

    @ekowanz
    implementasinya susah bener Ko… itu soal gengsi jg keknya *CMIIW

    @K
    kamu jeles kan? sana ambil deh si anto *sodorin anto

    @almas
    selamat puasa juga ya…

    @mee
    bener2 free.. hahahaha

  5. barusan habis nutup nomor matrix di indosat…dengan alasan…sebagai pelanggan matrix merasa dianaktirikan sebab indosat terlalu fokus untuk prabayar…walaupun ada promosi untuk matrix hanya untuk kalangan korporat…jadi cocoklah matrix kita plesetkan menjadi matrex…:)

  6. @Arya…
    hum…. kamu juga lengobh kalo gitu *haiyah nyampah bener…

    @imcw…
    wkwkwkw iya yah.. programnya matrex emang gitu2 aja ya.. *nunggu2 program GPRS flat lagih *ngarepppppp.. wkwkwkkwkw

  7. operator sang pemimping pasar yang sombong ini bisa menurunkan tarifnya.

    Ah masa sih sombong? Jadi logikanya, kalau tarif gak murah itu sombong? Ini logika atau pembenaran atau pengharapan? 😀

  8. huahahaa, klo tlekomcel au 1 rupiah juga, vendor lainnya langsung ambruk bos…masih mahal aja pelanggannya melimpah ruah..kakaka

  9. @abe
    kan pake di strikethru…:D
    tp kalo mas abe meskipun orang T-sel ndak sombong kok 🙂

    @calon BOD
    *tendang ke neraka

    @siwi
    *tendang siwi ke neraka bareng BOD

    @harri
    dulu pake punya tetangga 😀

    @loomy
    mungkin gitu ya?

  10. @antobilang

    antobilang Says:
    September 10th, 2007 at 10:47 am

    eh, arya, tapi mbak2 SPGnya pake rok cuma 5 centi lho… huiiihhhh….
    seger…brrr….

    husss gak boleh 😡 . Ngeliat dari mana tha? 😆

    @arya
    kayanya yang penting itu bisa nge-sms, nelp udah cukup. mo provider-nya perang dunia, gak urus, yang penting harga turun 😆
    *nyamfah*

  11. saya tidak pernah tergoda dengan perang layanan itu, toh akhirnya bila operator tidak siap, servernya akan overloaded dan kita juga dirugikan…saya masih setia menggunakan telkomsel halo hibrid…

  12. @atas
    doa nya ditambahin
    jauhkan dari godaan iklan yang terkutuk dan SPG cantiknya yang pake rok cuman 5cm dan kulitnya putih sekali itu
    kembalikan ke provider yang benar dan orientasi seksual nya

  13. gak nyambung mode *ON* makasih udah mampir di blog ku yaa
    (anyway nice informtn.. very useful for user.. saya link Arya ya… makasihhh)

  14. semoga
    pulsa tambah murah
    waktu expired tambah lama
    kita tambah syenaaaank :mrgreen:
    *makanya,pake bebas extra dongk.. gratis smsnya *promosi mode on*

  15. aku suka si raja singa sms.
    isi dengan paket 200 sms.
    sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms ngantek jempolmu tugel.
    ahahahhaaa…

  16. aku suka si raja singa sms.
    isi dengan paket 200 sms.
    sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms sms ngantek jempolmu tugel.
    ahahahhaaa…

Tinggalkan Balasan ke ekowanz Batalkan balasan